Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Kegiatan Mewarnai di KB Adinda

Authors

  • Annisa Rezki Universitas Negeri Makassar Author
  • Sitti Hardiyanti Arhas Universitas Negeri Makassar Author https://orcid.org/0000-0001-9688-715X
  • Risma Niswaty Universitas Negeri Makassar Author
  • Andi Aslinda Universitas Negeri Makassar Author
  • Andi Cudai Nur Universitas Negeri Makassar Author

DOI:

https://doi.org/10.70188/1mk64r21

Keywords:

Pembelajaran Mewarnai, Kemampuan Motorik Halus Anak, Partisipasi aktif, Coloring Learning, Children's Fine Motor Skills, Active participation

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan anak dalam mengenali warna melalui kegiatan mewarnai di lingkungan Kelompok Bermain (KB) ADINDA. Kegiatan ini dilakukan dengan memanfaatkan sarana sekolah yang tersedia, serta menggunakan pendekatan yang terstruktur, interaktif, dan inklusif. Tujuan utamanya adalah untuk mendorong pemahaman anak serta menstimulasi daya imajinasi. Selain itu, kegiatan ini juga menekankan pentingnya partisipasi aktif anak dalam proses belajar untuk mengasah keterampilan motorik halus. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi pembangunan nilai spiritual dan peningkatan kualitas kehidupan sosial masyarakat sekitar. Fokus utama dari kegiatan ini adalah untuk mengkaji sejauh mana penerapan metode mewarnai dapat berperan dalam meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak-anak kelompok B di TK/KB ADINDA. Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas, yang dilaksanakan di TK/KB ADINDA dengan total partisipan sebanyak 12 anak, terdiri dari enam anak laki-laki dan enam anak perempuan.

Downloads

Published

2025-04-30

Issue

Section

Articles