Penerapan Konsep Belajar Literasi Numerasi yang Menyenangkan Pada Siswa UPT SPF SD Inpres Batua II

Authors

DOI:

https://doi.org/10.70188/c741qr49

Keywords:

Literasi; numerasi; menyenangkan, Literacy; numeracy; fun

Abstract

Kegiatan pendidikan sangat terkait dengan literasi dan numerasi. Literasi dan numerasi dalam konteks pendidikan dikenal dengan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dan Gerakan Literasi Numerasi (GLN). Menerapkan kegiatan literasi dan numerasi yang menyenangkan dapat menjadi kunci penting dalam pengembangan keterampilan dasar matematika dengan cara yang menarik. Tujuan utama kegiatan pengabdian yang dilakukan adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis para siswa dalam memahami teks yang kompleks dan ekspresi diri melalui menulis mereka melalui menulis; dan memperkuat pemahaman konsep matematika siswa terhadap konsep matematika dasar dan kompleks, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan yang dilakukan adalah model teka-teki silang numerasi, pemahaman konsep penjumlahan dan pengurangan menggunakan media stick es krim, dan membaca nyaring. pendekatan pembelajaran yang menyenangkan dan berorientasi pada hasil bermakna mampu meningkatkan pemahaman siswa dalam literasi dan numerasi.

Downloads

Published

2024-05-27

Issue

Section

Articles